Rumah sakit merupakan tempat perawatan pasien yang sedang sakit, maupun pasien sehat yang sedang menjalani tes kesehatan. Karena merupakan tempat berkumpulnya orang sakit, sarana dan prasarana di RS selalu diperhatikan kualitasnya. Tak terkecuali hal-hal yang dianggap sepele seperti gorden RS.

Sarana dan prasarana seperti gorden RS ternyata juga diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan, sebagai pihak pemerintah yang berwenang dalam bidang kesehatan. Jadi, apakah syarat gorden rumah sakit yang baik? Mari simak informasinya bersama kami!

Syarat-syarat Gorden RS yang Baik Menurut Kementerian Kesehatan

Gorden rumah sakit memiliki banyak fungsi utama. Sebagai tirai yang menutup jendela ruang perawatan, menutup bed pasien, hingga berfungsi membatasi antara satu pasien dan pasien lainnya. Oleh sebab itu, perlu aturan mengenai salah satu prasarana yang berhubungan langsung dengan pasien ini.

Aturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan dalam Keputusan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Nomor HK.02.02/I/1811/2022 tentang Petunjuk Teknis Kesiapan Sarana Prasarana Rumah Sakit Dalam Penerapan Kelas Rawat Inap Standar Jaminan Kesehatan Nasional pada bulan Mei 2022 menyatakan bahwa : 

“Ruangan perawatan pasien harus memiliki bukaan jendela yang aman untuk ventilasi alami dan kebutuhan pencahayaan. Apabila menggunakan ventilasi alami, maka pada malam hari jendela dapat ditutup antara lain dengan tirai yang tidak berpori, bertekstur dan dapat mudah dibersihkan.”

Gorden RS

Dari kutipan undang-undang di atas, dapat disimpulkan bahwa tirai atau gorden RS memiliki ciri-ciri tidak berpori, bertekstur dan dapat mudah dibersihkan, serta dapat membantu sirkulasi udara. Selain itu, akan lebih baik jika gorden RS memiliki sifat anti bakteri, anti noda dan anti darah. Mengapa? Mari kita bahas satu per-satu!

1. Tidak Berpori

Bahan yang tidak berpori merupakan bahan yang paling utama dalam gorden RS. Bahan gorden yang berpori dapat menyimpan noda dan bakteri dalam waktu yang lama sehingga pasien cenderung beresiko terdampak penularan infeksi nosokomial (infeksi yang didapatkan dari rumah sakit).

2. Bertekstur

Sama halnya dengan kain yang tidak berpori, kain bertekstur juga dimaksudkan agar gorden RS lebih mudah dibersihkan Sehingga gorden tidak menyimpan noda, darah dan bakteri dari pasien di rumah sakit.

3. Berwarna Cerah

Meski tidak disebutkan dalam peraturan, namun tirai untuk rumah sakit disarankan memiliki warna yang cerah. Hal ini bertujuan agar noda-noda, baik noda darah maupun noda lainnya dapat terlihat dengan mudah. Jika noda mudah terlihat, maka gorden bisa segera dibersihkan dan diganti dengan yang bersih.

4. Membantu Sirkulasi Udara

Berada di rumah sakit kadang membuat pengap dan bosan, sehingga Anda akan sering melihat ke jendela. Bahan gorden RS yang disarankan untuk jendela adalah yang dapat membantu sirkulasi udara, sehingga jendela tetap dapat menjadi ventilasi alami bagi ruang perawatan.

5. Anti Bakteri

Syarat ini tidak masuk dalam peraturan Kemenkes di atas, namun syarat yang satu ini sangat penting. Anda perlu memilih bahan tirai rumah sakit yang memiliki sifat anti bakteri. Bahan tersebut haruslah bahan yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri.

Di rumah sakit akan mudah tertular penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri dari pasien lainnya. Oleh sebab itu, pastikan bahan gorden yang Anda pilih memiliki sifat penghambatan bakteri.

Itulah beberapa syarat bahan gorden RS yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan pada tahun 2022. Ada berbagai bahan gorden yang memiliki kriteria tersebut. Simak informasinya di bawah ini!

Bahan Kain yang Cocok untuk Gorden RS

Berikut beberapa bahan kain yang direkomendasikan untuk digunakan dalam pembuatan gorden rumah sakit : 

Bahan Polyester

Bahan polyester sangat sering dijumpai ruangan rawat inap. Bahan gorden yang satu ini merupakan bahan yang terbuat dari 100% polyester. Kain ini memiliki suatu ciri khas, yaitu memiliki jaring dari pabrik pada bagian atasnya. Sehingga jenis kain gorden ini sering disebut juga dengan kain jaring pabrik.

Jaring ini memiliki fungsi anti-bakteri dan dapat memperlancar sirkulasi udara di sekitar ruangan, sehingga cocok untuk gorden RS. Bahan polyester dinilai berkualitas dan tahan lama. Selain itu, bahan ini juga memiliki banyak motif, warna serta corak, dilengkapi dengan warna jaring yang senada dengan warna dasarnya.

Bahan Full PVC

Bahan gorden PVC terbuat dari bahan 100% PVC atau plastik murni tebal yang dibuat khusus untuk gorden RS. Karena terbuat dari plastik, bahan kain ini cukup licin sehingga mudah dibersihkan. 

Selain berfungsi anti noda karena mudah dibersihkan, bahan PVC ini juga mempunyai fungsi sebagai anti bakteri dan anti darah. Karena alasan tersebut, biasanya bahan PVC ini digunakan untuk ruangan yang mudah terkena banyak darah, contohnya adalah ruang operasi dan ruang gawat darurat.

Bahan Semi PVC

Bahan gorden semi PVC sebenarnya mirip dengan bahan full PVC. Namun bedanya, bahan semi PVC ini dibuat dengan perpaduan antara bahan plastik murni full PVC dan bahan polyester. Fungsi dan tujuannya pun sama dengan bahan full PVC. 

Bahan semi PVC juga sangat mudah dibersihkan dan memiliki fungsi anti bakteri, anti noda dan anti darah. Bahan ini cocok digunakan untuk gorden RS baik di ruang rawat inap maupun di ruangan dengan banyak darah seperti UGD dan ruang operasi.

Bahan Non Woven

Bahan gorden RS yang satu ini sebenarnya juga terbuat dari bahan plastik murni seperti bahan full PVC. Namun, proses pembuatannya disertai dengan teknologi tinggi dan modern. Teknologi ini membantu bahan plastik PVC menjadi lebih lembut dan menyerupai bahan textil.

Selain itu, bahan non woven ini juga dinilai lebih awet dari bahan full PVC karena proses pembuatan dengan teknologi tersebut. Fungsi bahan non woven juga lebih kompleks. Tak hanya sebagai anti bakteri, anti noda dan anti darah, bahan ini juga dapat berfungsi sebagai anti api dan anti air.

Itulah beberapa bahan gorden rumah sakit yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah memilih bahan gorden, Anda juga perlu memilih tempat pembuatan gorden RS yang berkualitas tinggi. Dimanakah Anda bisa menemukannya? Tentu saja di Elprima!

Pesan Gorden Rumah Sakit Kualitas Tinggi di Elprima

Elprima atau CV. Prima Abadi Jaya merupakan salah satu perusahaan spesialis gorden yang telah berdiri sejak tahun 2002. Kami telah terbiasa mengerjakan berbagai orderan gorden RS, gorden PVC, roller blind, suntex blind, vertical blind, horizontal blind, tirai otomatis dan berbagai jenis gorden lainnya.

Telah berpengalaman selama 20 tahun, kami memiliki 4 cabang di kota besar di Indonesia, yaitu Yogyakarta, Mataram, Semarang dan Manado. Tak hanya itu, kami juga melayani segala macam kebutuhan gorden ke seluruh Indonesia.  

Elprima merupakan store resmi dari Onna di Indonesia. Onna memiliki standar kualitas yang tinggi, dibuktikan dengan sertifikasi ISO 9001:2015. Beberapa produk kami juga mendapatkan sertifikat ramah lingkungan, yaitu produk kami diproduksi dengan polusi dan limbah yang minimum dan bebas dari racun berbahaya.

Kami melayani pembuatan gorden RS dengan keunggulan gratis survey, gratis instalasi, harga dan kualitas terbaik, customer service 24 jam, dan jaminan produk asli. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu meragukan kualitas gorden Elprima, pesan sekarang juga!

Post Comment